Diberdayakan oleh Blogger.

Seputar gigi Geligi (rahasia dibalik gigi, penamaan kerennya gigi, dsb)

Gigi

adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan.


Bagian-bagian gigi

Mahkota gigi atau corona, merupakan bagian yang tampak di atas gusi. Terdiri atas:
Lapisan email, merupakan lapisan yang paling keras.
Tulang gigi (dentin), di dalamnya terdapat saraf dan pembuluh darah.
Rongga gigi (pulpa), merupakan bagian antara corona dan radiks.
Leher gigi atau kolum, merupakan bagian yang berada di dalam gusi.
Akar gigi atau radiks, merupakan bagian yang tertanam pada tulang rahang. Akar gigi melekat pada tulang rahang dengan perantaraan semen gigi.
Semen gigi melapisi akar gigi dan membantu menahan gigi agar tetap melekat pada gusi. Terdiri atas:
Lapisan semen, merupakan pelindung akar gigi dalam gusi.
Gusi, merupakan tempat tumbuh gigi.

Empat Jenis Gigi
1. Gigi insisif atau gigi seri
Gigi ini berbentuk persegi panjang, dan berfungsi untuk memotong makanan. Gigi insisif terletak di bagian paling depan di tengah lengkung gigi, ada empat buah di rahang atas maupun di rahang bawah.

2. Gigi kaninus atau gigi taring

Gigi taring berada di sebelah gigi insisif. Gigi ini berbentuk lebih panjang dengan ujung yang runcing. Gigi taring berfungsi untuk mengoyak atau menyobek dan memotong makanan. Gigi taring berjumlah empat buah, dua di rahang atas dan dua di rahang bawah.

3. Gigi premolar atau gigi geraham kecil
Di belakang gigi kaninus ada gigi premolar. Bentuk gigi premolar di rahang atas agak berbeda dengan premolar di rahang bawah. Premolar rahang atas mempunyai dua bonjol, sedangkan premolar rahang bawah hampir mirip dengan kaninus namun bonjolnya gak runcing dan bentuknya juga lebih besar dari gigi kaninus. Totalnya gigi premolar ada delapan buah, empat di rahang atas dan empat di rahang bawah. Gigi premolar berfungsi untuk menyobek dan membantu menghaluskan makanan.

4. Gigi molar atau gigi geraham besar
Gigi molar berada di belakang gigi premolar. Bentuknya seperti kotak dan ukurannya besar. Gigi molar merupakan gigi yang paling berperan dalam proses penghalusan makanan. Totalnya ada dua belas buah, enam di rahang atas dan enam di rahang bawah. Terkadang gigi molar yang paling belakang atau biasa disebut dengan nama bungsu gak muncul, sehingga jumlah gigi molar hanya delapan buah. Orang bule’ menyebut gigi molar bungsu dengan nama wisdom teeth. Karena gigi ini muncul ketika seseorang dianggap lebih dewasa dan bijaksana yaitu sekitar umur 20-an.

Mainkan Cursor anda
--> ANIMASI Click aja "Find Out More" atau click aja gambar gigi dibawah untuk tau namanya




FAKTA MENARIK TENTANG GIGI

Gigi dapat menceritakan siapa anda, dimana anda tinggal, dsb

Gigi akan tumbuh seiring dengan pertambahan usia, mereka menghirup oksigen, strontium dan unsur-unsur lain dari makanan dan minuman.
teknik mengetahui hal tersebut dari gigi adalah teknik yang bernama analisis isotop yang mengukur rasio isotop strontium dan isotop oksigen pada email gigi. Analisis isotop strontium akan menunjukkan lokasi geologis, sedangkan analisis isotop oksigen bakal memberi tahu tentang iklim tempat seseorang tumbuh.
Rasio isotop pada gigi diperoleh berdasarkan komposisi atau pola makannya yang dapat diketahui dari kandungan tanah dan batuan.
Campuran dari strontium-87 (lebih berat) dengan strontium-86 (lebih ringan) tergantung dari seberapa tua batuannya : batuan yang lebih tua lebih kaya isotop berat dibandingkan batuan yang lebih muda. Jadi dengan membandingkan isotop strontium pada gigi seseorang dan membandingkannya dengan peta sebaran isotop dari unsur yang sama, para peneliti dapat mengetahui di mana dia di besarkan.


Bagaimana Cara Merawat GIGI???

Untuk memperoleh gigi yang bersih dan sehat pastikan untuk melakukan kegiatan seperti membersihkan sela gigi (flossing), berkumur, dan menyikat gigi.


Info lebih lanjut tentang gigi (cara gosok gigi, dsb) --> Click aja gambar gigi dibawah ini :

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Posts

My Random Thoughts

ciwil_able punya

Primary Health

U aNd Me

Lukisan Hati

detiksport

Sepakbola

Feed / Canadian Grand Prix / Vodafone McLaren Mercedes

EatManga - Best online manga reader - Instant manga update - OneManga alternative

Pirngadi General Hospital

FulDFK

health.detik

Ikatan Dokter Indonesia (IDIOnline)

Dewan Eksekutif Wilayah 1

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP