Diberdayakan oleh Blogger.

Kenapa Bayi Menangis Ketika BARU LAHIR???

Tangisan bayi saat dilahirkan bisa dijadikan petunjuk bahwa paru-parunya sudah mampu bekerja dengan baik.



Mengapa? -->Karena menangis mengharuskan udara keluar-masuk melalui paru-paru. Organ penting inilah yang bertugas menghirup oksigen agar kebutuhan semua organ tubuh bisa terpenuhi. Sebelum lahir, kebutuhan janin akan oksigen dipenuhi oleh ibu melalui sirkulasi darah dari plasenta. Nah, setelah lahir ia harus mendapatkan sendiri oksigen melalui pernapasannya.

Pernapasan pertama terjadi akibat adanya rangsangan mekanik kala dada bayi tertekan selama melewati jalan lahir. Perbedaan mencolok antara kehangatan dalam rahim dan suhu luar pun memaksa si bayi bernapas. Yang paling utama tentu saja rangsangan kimiawi ketika tubuh bayi merasakan perlunya pasokan udara bagi proses metabolismenya. Selanjutnya, udara akan segera mengisi kantong-kantong udara di paru-paru yang disebut alveolus.

Berikut Animasi Mekanisme sirkulasi Janin dalam Kandungan, (CLICK NEONATAL untuk melihat perubahan yang terjadi ketika bayi baru lahir)


Terlihat ketika bayi baru lahir (NEONATAL):
1. Paru-paru akan mengembang yang disebabkan juga oleh karena perbedaan tekanan, hal ini dibantu oleh SUATU USAHA Tangisan oleh si bayi
2. Tertutupnya Celah antara ruangan Serambi kanan maupun kiri jantung (FORAMEN OVALE istilah medisnya) menjadi tertutup yang istilahnya Fossa OVALE
3. Serta tertutupnya Ductus Arteriosus (suatu saluran yang menghubungkan Aorta dan Arteri Pulmonalis)

Jika bayi baru lahir tidak langsung menangis, dokter akan segera curiga bahwa sistem pernapasannya tidak bekerja dengan baik. Ini artinya ada yang tidak normal dengan organ paru-parunya. Boleh jadi karena paru-paru si bayi belum terbentuk sempurna, mengalami kelainan, atau terinfeksi cairan ketuban.

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Posts

My Random Thoughts

ciwil_able punya

Primary Health

U aNd Me

Lukisan Hati

detiksport

Sepakbola

Feed / Canadian Grand Prix / Vodafone McLaren Mercedes

EatManga - Best online manga reader - Instant manga update - OneManga alternative

Pirngadi General Hospital

FulDFK

health.detik

Ikatan Dokter Indonesia (IDIOnline)

Dewan Eksekutif Wilayah 1

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP